Bahaya Menahan Kencing dan Akibatnya Pada Prostat

Bahaya Menahan Kencing dan Akibatnya Pada Prostat (Toko Acep)

Obat Kanker Prostat Stadium 4Kebiasaan menahan kencing sangat tidak sehat untuk tubuh dan tidak disarankan oleh dokter. Selain membuat risiko timbulnya batu ginjal membesar, kelenjar prostat yang berfungsi sebagai pabrik cairan mani bisa ikut kena imbasnya. Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih sehingga kencing yang tertahan dikatakan oleh dr Yudi Amiarno, SpU, dari RS Tarakan bisa ‘merembes’ menyebabkan infeksi. Penyakit infeksi prostat yang disebabkan oleh menahan kencing ini sangat sulit disembuhkan total sehingga seseorang sebaiknya menghindari kebiasaan tersebut.

“Ada dua jenis infeksi prostat: ada yang bakteri dan ada yang non bakteri. Kalau yang non bakteri ini lebih susah pengobatannya karena sembuh kambuh sembuh kambuh. Dia tidak ada kumannya jadi enggak bisa dikasih antibiotik,” papar dr Yudi dalam acara seminar kanker prostat di Serpong, Tangerang.

Gejala yang ditimbulkan infeksi prostat beragam. Dalam tingkatan ringan pengidap infeksi bisa merasa nyeri jika duduk terlalu lama dan jika kasusnya sudah berat pendarahan bisa terjadi yang terlihat ketika air mani keluar bercampur darah.

Meski demikian dr Yudi mengatakan infeksi prostat tak menyimpan bahaya yang mengancam jiwa. Namun sekali lagi gejala ini muncul timbul dan tentunya akan mengganggu kenyamanan pasien. Dokter biasanya hanya bisa memberi obat-obatan untuk meredakan gejala namun tak bisa mengobati 100 persen.

“Penyakit ini tidak berbahaya dan tidak menular tapi sangat membuat pengidapnya tidak nyaman. Jadi kalau sekali kena infeksi prostat itu sudah susah,” tutup dr Yudi.

Mengingat betapa pentingnya fungsi dari buang air kecil, maka hal ini haruslah menjadi suatu kewajiban untuk dituntaskan, dan jangan pernah ditahan. Jangan pernah anda menahan untuk membuang air kecil dalam waktu yang sangat lama dan sering. Hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.

Dengan menahan buang air kecil, maka anda akan mengalami penyakit – penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan. Berikut ini beberapa penyakit organ pencernaan yang dapat terjadi ketika anda menahan untuk membuang air kecil:

Infeksi Kandung Kemih

Urin merupakan sisa pencernaan yang memiliki banyak bakteri dan kotoran yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan menumpuknya urin, akan menimbulkan infeksi pada bagian kandung kemih. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri – bakteri yang menempel pada bagian kandung kemih. Infeksi pada kandung kemih dapat dirasakan ketika :

  • Muncul rasa nyeri pada perut bagian bawah
  • Muncul rasa nyeri saat buang air kecil
  • Buang air kecil lebih sering dengan volume yang sedikit
  • Buang air kecil dengan disertai pendarahan

Infeksi Saluran Kencing

Sama seperti infeksi pada kandung kemih, infeksi pada saluran kencing juga dapat terjadi karena adanya bakteri dan kotoran yang menempel pada bagian tersebut. Infeksi pada saluran kencing juga memiliki gejala – gejala yang sama dengan infeksi kandung kemih

Ketika anda sudah merasakan gejala – gejala seperti di atas, maka anda wajib memeriksakan hal tersebut ke dokter. Biasanya penyakit yang berhubungan dengan terganggunya proses pencernaan memliki gejala – gejala yang mirip, sehingga dokter pun akan mengetahui gangguan apa yang terjadi pada organ pencernaan anda

Anyang – Anyangan

Anyang – anyangan merupakan istilah yang dikenal untuk mendefinisikan kondisi sakit dan nyeri yang terjadi ketika sedang melakukan buang air kecil. Anyang – anyangan dipastikan merupakan akibat dari kebiasaan dalam menahan buang air kecil, dan merupakan tanda – tanda dari munculnya infeksi saluran kandung kemih. Bagaimana mengatasinya? Biasanya penyakit anyang – anyangan dapat teratasi dengan meminum air putih dengan teratur, dan menghentikan kebiasaan menahan buang air kecil. Efek lebih lanjut dari kebiasaan menahan air kencing terlalu lama adalah anda akan meraskaan sakit saat buang air kecil yang mungkin disebabkan karena prostat.

Apakah Menahan Buang Air Kecil Dapat Menyebabkan Kanker?

Mungkin akan muncul satu pertanyaan penting dari anda, apakah dengan menahan buang air kecil akan menimbulkan kanker? Pada dasarnya, proses menahan buang air kecil saja tidak akan menimbulkan kanker. Namun demikian, beberapa penyakit yang ditimbulkan karena menahan buang air kecil memiliki potensi untuk menimbulkan gejala – gejala pertumbuhan kanker pada tubuh anda.

Menahan buang air kecil dapat berpengaruh pada infeksi saluran kencing, infeksi kandung kemih dan infeksi ginjal. Dengan terjadinya infeksi tersebut, maka bakteri dan kuman dapat memperparah infeksi yang terjadi, shingga dapat berkembang menjadi sel kanker, terutama Kanker Prostat.

Obat Kanker Prostat Stadium 4

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s