Kanker Prostat Pada Lansia

Obat Kanker Prostat Stadium 4

Kanker prostat pada lansia sering terjadi, dapat dianggap bahwa sekitar sepuluh persen pria diatas usia enam puluh tahun terkena kanker prostat. Jarang sekali terjadi pada pria dibawah lima puluh tahun, sementara di atas tujuh puluh tahun di Negara-Negara Barat, kanker ini adalah tumor ganas pada pria yang banyak terjadi. Insidensinya meningkat yang untuk sebagian merupakan akibat meningkatnya diagnosis dini dari kanker prostat tanpa gejala.

Diseluruh dunia, ada banyak perbedaan dalam hal munculnya kanker prostat. Di Asia timur insidensinya rendah, sedangkan di Eropa Selatan dan Amerika Latin insidensinya sedang. Dibandingkan dengan pria kulit putih di Amerika Serikat, insidensinya diantara pria kulit hitam di AS adalah dua kali lipat, sementara pria di Jepang, jarang terkena kanker prostat, dibandingkan denganorang kulit putih di AS. Insidensinya juga rendah diantara pria kulit hita di Afrika. Hormon kelamin pria adalaj penting, bahkan merupakan syarat utama pada terjadinya kanker prostat pada  pria yang kelenjat testisnya diangkat (kebiri), penyakit ini tidak tampak.

Perbedaan mencolok dalam insidensi penyakit kanker prostat pada lansia ini tentu saja menunjuk ke faktor-faktor eksternal. Faktor mana, anehnya tidak jelas. Tentu saja orang otomatis mengaitkannya dengan kebiasaan makan, dengan pola mondial, lemak dan protein berlebihan. Namun hal ini tidak pernah dibuktikan. Tidak ada pegangan dalam memberikan nasihat untuk mencegah kanker ini. Satu-satunya faktor resiko yang pasti adalah usia, tetapi penuaan tidak dapat dihambat maupun dicegah. Pada sepuluh persen kanker prostat pada lansia, ada indikasi mengenai peranan faktor keturunan. Beberapa keluarga dipantau sesuai skema penelitian tahunan tertentu dengan pemeriksaan rectal (DRE=digital rectal examination) dan pemeriksaan darah (PSA = prostate specific  antigen). Jika mencurigakan dilakukan pemeriksaan endo-ekho, kalau perlu diikuti biopsy lewat rectum. Jika tidak ditunjukkan adanya sel-sel  tumor, sesudah setahun, pemeriksaan diulang.

Munculnya kanker prostat pada lansia secara laten pada usia tua banyak terjadi. Sepuluh persen pria usia enam puluh tahun mempunyai kanker prostat diam dan tidak bergejala. Presentase ini bertambah bersama usia. Pada tiga puluh persen mayat pria yang sebelumnya tidak mempunyai leuhan atau gejala kanker prostat ternyata pada pemeriksaan ditemukan adnaya tumor ganas ini. Pertumbuhan dari kanker prostat asimptomatis yang kebetulan ditemukan pada umumnya lamban sekali. Sembilan puluh persen tumor tersebut merupakan adenokarsinoma. Umumnya penyakitnya multifocal, sarang atau sarang-sarang ganas sering terletak di pinggi rkelnjar. Prognosisnya langsung bergantung pada derajat keganasan sel-sel dan kadar infiltrasi ke dalam pembuluh darah limfe dan pembuluh balik.

Operasi Prostat Pada Usia Lanjut Tidak Sembarang Dilakukan

Operasi prostat merupakan hal yang umum dilakukan oleh para pria yang menginjak umur 40 tahun ke atas dikarenakan pembengkakan prostat. Prostat normalnya hanya akan berbobot beberapa puluh gram saja. Akan tetapi jika telah mengalami pembengkakan, maka beratnya akan mencapai hingga 100 gram. Sekalipun pembengkakan prostat merupakan hal yang banyak terjadi, tetapi hingga saat ini, menurut beberapa sumber, belum diketahui dengan pasti apa penyebab terjadinya pembengkakan prostat ini. Kebanyakan kasus pembengkakan prostat ditemui pada usia 50 atau 60 tahun ke atas, akan tetapi tentu saja bukan tidak mungkin pria yang berusia di bawah usia tersebut mengalami penyakit serupa.

Operasi prostat pada lanjut usia memiliki resiko yang sama dengan operasi pada usia yang lebih muda. Semuanya memiliki resiko yang sama. Akan tetapi, mungkin pada usia lanjut, pasien akan lebih dapat menerima bahwa mereka tidak akan dapat lagi ereksi. Jika pada usia yang masih lebih muda, kemungkinan untuk dapat kembali ereksi masih besar setelah beberapa minggu atau bulan pasca operasi. Memang tidak akan mengalami hubungan suami istri yang sempurna karena pasien tidak akan mengeluarkan air mani.

Lain halnya dengan operasi prostat pada lanjut usia dimana mungkin ereksi tidak akan menjadi masalah lagi. Yang terpenting adalah bagaimana melanjutkan pengobatan dengan radioterapi dan berbagai macam terapi lain yang memungkinkan pembengkakan prostat tidak akan terjadi lagi. Sekalipun pada lanjut usia, operasi dapat dilakukan dengan sedikit lebih mengabaikan penghindaran resiko adanya kesalahan pemotongan jaringan untuk ereksi, akan tetapi pasien lanjut usia biasanya akan mempunyai ketahanan fisik yang lebih rendah dibandingkan dengan yang lebih muda.

Oleh karenanya biasanya pasien yang lebih muda akan menjalani proses pengobatan dan perawatan yang lebih sederhana dan lebih difokuskan pada pengembalian saluran urin dan sperma dengan baik sehingga dapat berjalan seperti sedia kala. Sedangkan operasi prostat pada lanjut usia akan berfokus pada pengembalian fungsi saluran urin agar jika terdapat sperma yang akan keluar, tidak akan masuk ke saluran urin. Selain itu setelah operasi akan dipasang kateter untuk membantu mengeluarkan stelsol atau darah sisa operasi dan mengatur kembali fungsi saluran urin.

Sekalipun telah keluar dari rumah sakit dan menjalani rawat jalan, akan tetapi masih dimungkinkan pasien akan mengalami kesulitan mengendalikan urin. Pasien mungkin tidak akan mengalami rasa ingin buang air kecil, atau buang air kecil tiap kali ada tekanan di bawah perut seperti saat batuk, berlari, atau bersin, dan rasa ingin buang air kecil secara terus menerus dalam jarak waktu yang relatif singkat. Dampak yang mungkin memberi mimpi buruk tersendiri bagi pria adalah kemandulan. Kini gangguan prostat bisa diatasi secara efektif dengan pengobatan herbal, selengkapnya klik >> Obat Kanker Prostat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s